breaking
Gambar tema oleh mskowronek. Diberdayakan oleh Blogger.

menulis untuk peradaban

menulis untuk peradaban

renungan & kontemplasi

renungan & kontemplasi

celoteh anak negeri

celoteh anak negeri

Pahlawan dan Matahari

Bagikan

Ilustrasi: Unknown source. 

Oleh: Dnadyaksa Tirtapavitra 


Saya terkejut beberapa hari lalu saat seorang kawan lama -teman kuliah tepatnya- yang tiba-tiba mengirimkan pesan di ponsel saya dan bertanya, "Wah jadi pengurus yayasan sekarang? mau jadi pahlawan? hehe." jujur saya terperanjat, dalam hati saya berpikir pertanyaan dari kawan lama ini lebih pada bentuk sinisme, meskipun pada akhirnya saya yakin dan berpikir positif bahwa kawan ini sekedar bercanda, setelah tahu beberapa hari ini saya aktif di sebuah yayasan yang diinisiasi dan dibangun atas dasar keresahan pada kondisi negeri ini.

Barangkali masih banyak orang-orang di sekitar kita yang masih berpikir bahwa hadirnya orang baik, atau yang dianggap baik, bahkan dianggap pahlawan sekalipun tak lebih dari rekam jejak self interest, hasrat untuk ingin dikenal dan dipuji orang lain. Atau embel-embel lain yang dianggap tak lebih dari sekedar pencitraan seperti seringkali dilakukan politikus dan mereka yang merasa punya kepentingan untuk meraih sesuatu.

Sinisme orang di negeri ini bukanlah hal yang luar biasa, bagi saya itu merupakan bagian dari dinamika di negara berkembang, dimana masih banyak orang yang kelebihan waktu untuk 'sekedar bekerja' dan meluangkan waktunya hanya untuk melihat dan mengkritisi orang lain di sekitarnya. Tak ubahnya dalam keseharian kita yang mengeluh di bawah terik matahari.

Meskipun fenomena seperti ini juga lazim di negara maju, dengan intensitas yang mungkin lebih sedikit, kita tak dapat seterusnya membiasakan hal ini sebagai kebiasaan yang hemat saya kurang baik, bagi sebagian orang mungkin kurang berkenan. Apa tak seharusnya waktu luang itu digunakan untuk mengkritisi pemikiran orang lain atau merefleksikannya dalam kehidupannya sendiri, bukan terhadap motif tindakannya yang bahkan kita sendiri tidak tahu, selama itu baik.

Sinis adalah gejala akut psikologis seorang yang dalam intensitas yang berlebihan malah akan mengkerdilkan pribadi itu sendiri, begitupun dengan negeri ini. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk negeri ini daripada hanya 'sekedar bekerja' lalu bersikap apatis dan berkomentar terhadap apa yang dilakukan orang lain.

Jika boleh saya meminjam fragmen dalam novel Guruku Matahari Bangsaku karya Dra. Afiah Ismy:

"Pahlawan tidak harus berperang, melainkan dialah yang yang senantiasa berbuat baik, mengabdi dan berjasa bagi bangsa dan negara. Dan sekarang karena kemerdekaan itu sudah kita peroleh, maka kewajiban kita, kewajiban kalian adalah mengisi kemerdekaan itu. Membangun negara, meningkatkan pendidikan dan lain-lain."
"Kita juga harus seperti mereka Han. Tertib, disiplin. Tidak ada yang menoleh kanan dan kiri. Tidak ada yang berbaris sambil ngomong."


Apakah mungkin dengan hanya memberi komentar kepada orang lain bisa membuat kita lebih baik? jika kita tak juga menjadikan hal itu sebagai motivasi untuk diri kita sendiri. Apakah mungkin keadaan negeri ini bisa lebih baik? jika kita hanya mampu mengkritik pemerintah tanpa memberikan pemikiran dan solusi yang lebih tepat. Atau hanya itu yang bisa kita lakukan? mengkritik tanpa upaya apapun untuk membuat segalanya jadi lebih baik?

Selamat Hari Pahlawan!

Tentang M Hasyim Azhari

FLP Lumajang bertekat akan mencetak ribuan pejuang pena untuk menuliskan sejarah indah tentang Lumajang, dengan sejuta kelebihan daya tarik dan pesona keindahan pariwisata serta masyarakatnya yang ramah.
«
Selanjutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Tinggalkan pesan atau komentar